Resep Ayam Goreng Pedas Bumbu Khas Cirebon

Resep Ayam Goreng Pedas Bumbu Khas Cirebon – baiklah pecinta kuliner semuanya, pada postingan ini tabloidkuliner.com akan persembahkan “Resep Ayam Goreng Pedas Bumbu Khas Cirebon“. semoga resep ini bermanfaat untuk kamu yang cinta memasak. jangan lupa sebarkan Resep Ayam Goreng Pedas Bumbu Khas Cirebon ini ke teman qmu ya.

Resep Ayam Goreng Pedas Bumbu Khas Cirebon

Ayam goreng pedas yang satu ini berbeda dengan resep ayam goreng yang biasanya. Pasalnya, bumbu yang dipakai adalah bumbu khas masyarakat Cirebon. Soal cita rasa, tak perlu diragukan. Lidah Anda pasti akan bergetar ketika merasakan sensasi cita rasa bumbu khas masakan ini. Tak kalah dengan resep ayam goreng bumbu bacem atau resep ayam goreng saus madu lezat.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat ayam goreng pedas bumbu khas Cirebon:1.  1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan.2.  1 sendok teh air jeruk nipis.3.  2 lembar daun salam, sobek menjadi beberapa bagian.4.  Jahe seukuran 1,5 ruas jari telunjuk, dimemarkan.5.  3 lembar daun jeruk, singkirkan tulang daunnya.6.  2 batang serai, gunakan bagian putihnya saja, dirajang hingga halus.7.  250 ml air putih.8.  Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan menumis.

Bumbu yang harus dihaluskan1.  14 siung bawang merah.2.  6 siung bawang putih.3.  Kunyit seukuran 2 ruas jari kelingking, dibakar terlebih dahulu.4.  4 buah cabai rawit merah.5.  2 buah cabai rawit hijau.6.  4 butir kemiri, disangrai terlebih dahulu.7.  1 sendok teh biji ketumbar.8.  Garam, merica putih dan gula pasir secukupnya.

Bahan untuk membuat sambal1.  12 buah cabai merah keriting.2.  4 buah cabai rawit merah.3.  2 siung bawang putih.4.  Garam, merica bubuk dan gula pasir secukupnya.5.  0,5 sendok teh terasi.6.  2 lembar daun jeruk, singkirkan tulang daunnya.
Bahan pelengkap yang harus disiapkan1.  Ketimun.2.  Daun kemangi.3.  Tomat.

Tips membuat atau mengolah resep ayam goreng pedas bumbu khas Cirebon:1.  Disarankan untuk menggunakan jenis ayam kampung.2.  Selain daging ayam, Anda juga bisa menggunakan daging bebek.3.  Jumlah cabai yang dipakai boleh disesuaikan selera.

Cara membuat ayam goreng pedas bumbu khas Cirebon:1.  Balur daging ayam yang telah dipotong-potong dengan air jeruk nipis, diamkan hingga lebih kurang 15 menit supaya bau amis berkurang.2.  Balur bumbu yang sudah dihaluskan ke daging ayam yang sebelumnya sudah dibalur dengan air jeruk nipis, biarkan selama 10 menit.3.  Panaskan minyak goreng untuk menumis.4.  Tumis daging ayam yang telah dibalur bumbu.5.  Tambahkan daun salam, jahe, daun jeruk, serai, aduk sampai tercampur rata.6.  Tuangkan air putih, masak sampai meresap dan matang.7.  Panaskan minyak goreng.8.  Goreng ayam yang tadi sudah dimasak dengan bumbu hingga berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan, sisihkan.9.  Tambahkan tepung beras dan tepung sagu secukupnya ke dalam bumbu yang tersisa saat memasak ayam goreng, aduk sampai tercampur rata.10. Tuangkan air putih secukupnya.11. Goreng adonan bumbu dan tepung tersebut dengan minyak panas hingga garing dan berwarna kuning kecokelatan, angkat, tiriskan, sisihkan.12. Panaskan kembali minyak goreng secukupnya untuk menumis.13. Tumis cabai, bawang putih, terasi dan daun jeruk yang ada pada daftar bahan untuk membuat sambal, hingga layu, angkat.14. Haluskan bersama minyak sisa menumis, garam, gula pasir dan merica bubuk.15. Susun sambal, bahan pelengkap dan ayam goreng di wadah saji.16. Ayam goreng pedas bumbu khas Cirebon siap dihidangkan. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep ayam goreng renyah spesial serta resep bacem ayam sederhana enak.
Resep ayam goreng pedas bumbu khas Cirebon ini setara buat 4 porsi atau lebih bergantung ukuran potongan ayam yang Anda inginkan.


demikianlah tadi informasi tentang “Resep Ayam Goreng Pedas Bumbu Khas Cirebon”. harapan kami resep ini mempunyai manfaat untuk pembaca semuanya. Jangan lupa bantu share ya biar makin banyak orang yang tau resep Resep Ayam Goreng Pedas Bumbu Khas Cirebon ini.

Sumber gambar & resep : okefoods.blogspot.com

Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *