MANFAAT PISANG SEBAGAI BUAH ISTIMEWA

MANFAAT PISANG SEBAGAI BUAH ISTIMEWA tersedia di IDResep.info.
hai pengunjung tabloidkuliner.com semuanya, dihari yang indah ini tabloidkuliner.com akan berbagi informasi tentang “MANFAAT PISANG SEBAGAI BUAH ISTIMEWA“. mudah-mudahan resep ini cocok untuk pengunjung semua yang suka memasak. jangan lupa bagikan MANFAAT PISANG SEBAGAI BUAH ISTIMEWA ini ke teman kamu ya.


KHASIAT DAN MANFAAT BUAH PISANG BAGI KESEHATAN

Pisang adalah tanaman buah berupa herba yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Tengah. Tumbuhan dengan buah yang enak dan berasa manis ini memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Beberapa manfaat pisang diantaranya adalah, batang sebagai bahan baku kertas, getah dari pelepah digunakan sebagai obat tradisional dan modern, salah satunya digunakan untuk campuran pembuatan benang jahit operasi, kulit dapat diolah menjadi berbagai makanan dan bahan obat, sedangkan daun pisang diantaranya dimanfaatkan sebagai pembungkus berbagai makanan. Selanjutnya, bagaimana dengan buahnya?
Buah pisang tergolong jenis buah yang istimewa karena merupakan makanan dengan sumber gizi yang hampir sempurna. Kandungan buah ini mencakup enam nutrisi penting bagi tubuh, yaitu air, gula, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Bahkan dalam al-Quran surat Al-Waaqi’ah : 27-31, menjelaskan tentang keistimewaan buah pisang yang merupakan salah satu buah khas surga. Sebuah analisis menunjukkan bahwa pisang mengandung (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%), lemak dan minyak, (1%) serat selulosa. Selain itu juga mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng (www.arrahmah.com). Walaupun sumber tidak menjelaskan jenis buah pisang yang dianalisis, tetapi cukup menggambarkan akan keistimewaan kandungan buah ini.
Selusin keistimewaan buah pisang :
  1. Secara umum, buah pisang masak mengandung dextrose, air, sukrose, levoluse, zat putih telur, zat tepung, mineral, vitamin dan lemak.
  2. Kandungan zat tepung yang terkandung membuat pisang sebagai makanan yang cukup mengenyangkan dan memberikan kalori untuk tubuh. Setiap 100 gram pisang segar dan matang memberikan tubuh 100 kalori, sama halnya dengan kalori yang diberikan oleh 100 gram daging. Sedangkan untuk 100 gram pisang kering dapat memberikan 250 kalori.
  3. Memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, setiap 1 kg pisang mengandung 1 gr kalsium, sedangkan kebutuhan harian kalsium untuk tubuh adalah satu setengah gram. Istimewanya, kalsium pisang lebih mudah dicerna dibandingkan kalsium susu atau kalsium dari produk susu.
  4. Kalsium yang terkandung mampu mencegah osteomalasia (pelunakan tulang pada bayi) pada anak dan osteoporosis (pengeroposan tulang) saat dewasa dan usia lanjut, serta kekurangan kalsium pada wanita hamil dan ibu menyusui.
  5. Buah pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai makanan bayi karena kandungan zat tepung, lemak, sukrose dapat membantu pertumbuhan. Fosfor yang terkandung juga baik untuk perkembangan otak (akal), sehingga sangat disarankan sebagai menu mpasi atau makanan pendamping setelah bayi berusia 6 bulan.
  6. Kandungan dextrose, air, sukrose, mineral pada pisang masak sangat baik diberikan kepada penderita diare dan lemah karena kekurangan energi karena pisang sangat cepat memulihkan kondisi tubuh yang sedang lemah. Sedangkan pisang mentah dapat digunakan untuk pengobatan sembelit.
  7. Bermanfaat untuk melindungi dan mencegah kerusakan gigi. Selain itu, bermanfaat untuk radang mulut dan gusi, karena mengandung fluoride sebagai zat penyeteril.
  8. Mengandung zat Besi dan vitamin D, berguna dalam pencegahan dan pengobatan anemia, sedangkan vitamin D mempermudah penyerapan zat besi dalam usus.
  9. Pisang mengandung vitamin B 1, B 6, B 12, karena itu ia berguna dalam pengobatan peradangan (infeksi) saraf dan kerusakan saraf, seperti dalam disk (gangguan pada saraf lumbar dan sakral) dan cerebral Bell (gangguan pada saraf wajah). Dan yang perlu diketahui bahwa kekurangan vitamin vitamin B 1, B 6, B 12 menyebabkan peradangan saraf yang berbeda dari yang lain, dan kekurangan vitamin B 12 menyebabkan anemia, di samping radang saraf.
  10. Sebagaimana pisang juga berguna untuk memperbaiki penglihatan dan mencegah timbulnya penyakit mata dan penglihatan, karena ia mengandung vitamin A dalam jumlah yang cukup (300 IU per seratus gram). Dan yang perlu diketahui bahwa kebutuhan harian vitamin A bagi tubuh adalah (3500 IU per hari)
  11. Mengandung hormon-hormon yang berfungsi untuk mengatur aktivitas sistem saraf dan pisang juga bermanfaat dalam pengobatan penyakit psikologis dan depresi, terutama pada anak-anak.
  12. Untuk kecantikan, kandungan zat putih telur dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan wajah. Pisang dilumatkan dicampur dengan minyak zaitun dan digunakan sebagai masker wajah.
Selain itu, secara tradisional buah pisang juga memiliki sejumlah fungsi pengobatan. Berikut beberapa khasiat pisang.
  • Berkhasiat mengobati sakit kuning : dengan memberikan buah pisang mas yang sudah masak setiap harinya.
  • Keluarga Berencana (KB) : rebus bunga pisang ambon dngan air sampai mendidih, minum airnya 2 x sehari saat pagi hari setelah bangun tidur dam malam sebelum tidur. Lakukan selama 7 hari berturut-turut setelah menstruasi atau melahirkan.
  • Gangguan amandel bengkak : parut bonggol batang pisang, peras dan gunakan airnya untuk diminum 1 x sehari.
  • Diare pada bayi : iris dan sangrai buah pisang kepok mentah lalu berikan untuk konsumsi ibu yang sedang menyusui bayi tersebut.
  • Susah buang air besar : konsumsilah pisang ambon lumut atau pisang mas yang masak secukupnya.
  • Buah pisang juga dapat dikonsumsi untuk membantu menenangkan saat gelisah.

Tips menyimpan pisang :

Saat menyimpan pisang, jangan disimpan dengan tandan dan jangan menyimpan dengan buah lain dalam mangkuk buah tetapi letakkan di tempat yang berbeda. Hal ini disebabkan, pisang melepaskan gas yang membuat buah lain bahkan pisang lain cepat matang. Selain itu menyimpan secara terpisah dapat membuat pisang segar untuk waktu yang lebih lama.


    itulah tadi postingan tentang “MANFAAT PISANG SEBAGAI BUAH ISTIMEWA” saat ini. semoga resep ini bermanfaat untuk pengunjung semua.

    Sumber resep & gambar: tabloidkuliner.com.blogspot.com

    Tags dari pengunjung::
    kukus pisang berapa lama  |  cara membuat pengat pisang palembang  |  cara membuat ppengat palembang  |  mengukus pisang  |  Ngukus pisang kepok berapa menit  |  resepi apam pisang santan  |  
    Resep Lainnya Yang Banyak Disuka

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *