Kamis, 27 Maret 2014

Manfaat dan khasiat garam sebagai pembersih kaca, logam dan pakaian

Manfaat dan khasiat garam sebagai pembersih kaca, logam dan pakaian. Garam mungkin menjadi salah satu bahan untuk masak yang kerap Anda temui sehari-hari, terlebih lagi jika Anda memiliki hobi memasak, pastinya tentu tak pernah lepas dari benda yang satu ini. Untuk memasak atau menyedapkan sebuah masakan, tentunya garam adalah sesuatu yang bersifat pasti untuk selalu digunakan. Namun tahukah Anda jika ternyata garam memiliki manfaat lain yang begitu banyak selain untuk memasak?.

Ingin mengetahui lebih lanjut manfaat dan khasiat apa saja yang dimiliki garam?. Simak ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Garam sebagai pembersih celana jeans
Anda punya celana jeans yang terkena noda dan sangat sulit untuk dibersihkan?. Jika ya, maka mulai saat ini Anda bisa menggunakan garam sebagai pembersih yang ampuh. Selain sebagai pembersih alami, ternyata garam juga dapat mempertahankan tingkat kerekatan celana jeans dengan sangat baik disamping juga bisa menjaga kecerahan warnanya. Cara penggunaannya adalah dengan menambahkan 1 sendok teh garam kedalam 5-10 liter air yang digunakan sebagai perendam celana jeans. Biarkan hingga 15-30 menit kemudian angkat, bilas lalu bersihkan dengan sabun cuci.

2. Garam sebagai pembersih karpet
Karpet merupakan alas yang kerap menjadi kotor akibat debu atau tumpahan minuman dan makanan. Untuk membersihkan karpet sekaligus mengembalikan kelembutan bahannya tentu bukan hal yang mudah. Cara membersihkannya adalah dengan menaburi karpet dengan garam halus lalu gosok dengan sikat atau spon basah lalu gunakan kain atau lap kanebo untuk menyerap airnya.

3. Garam sebagai pembersih logam tembaga, kuningan dan perak
Bagi Anda yang hobi dengan kegiatan mendekorasi rumah tentu barang-barang antik atau barang kerajinan logam khususnya kerajinan tembaga, kuningan dan perak adalah benda-benda yang cukup rentan terkena noda, terutama karat. Karat bisa disebabkan oleh debu yang telah menempel lama pada barang-barang logam yang tak segera dibersihkan, apalagi dalam ruangan dengan kondisi udara yang cukup lembab. Sudah pasti karat menjadi "penyakit" utama barang-barang jenis ini.

Untuk membersihkan barang-barang logam yang ada didalam rumah Anda caranya sangatlah mudah. Untuk membersihkan perak, Anda bisa mencampur sedikit perasan air jeruk nipis dan garam. Gunakan spon yang agak kasar untuk menggosoknya dan dalam sekejap perak pun kembali mengkilap. Sedangkan untuk barang-barang kerajinan kuningan atau tembaga bisa dengan menambahkan sedikit cuka dan garam. Cara membersihkannya pun hampir sama dengan membersihkan barang-barang dari bahan perak yaitu dengan cara menggosokannya menggunakan spon yang bertekstur agak kasar lalu lap dengan kain atau tisu bersih.

4. Garam sebagai pembersih dan penghilang bau tak sedap pada pakaian
Jika pakaian yang Anda gunakan kerap berbau tidak sedap dikarenakan keringat, maka garam juga bisa digunakan untuk menghilangkannya. Caranya hampir sama dengan membersihkan celana jeans, yaitu dengan merendam pakaian dengan air yang telah dicampur dengan garam selama 5-10 menit.

5. Garam sebagai pembersih cerobong di dapur
Jika dapur Anda merupakan dapur yang tertutup, tentu membutuhkan cerobong asap denga kipas angin yang bisa mendorong asap keluar. Dikarenakan cerobong tersebut berada di dapur tentunya rentan menjadi kotor atau terkena minyak dan uap. Bila sudah begini tentu saja bukan hanya kotor yang menjadi masalah utama, akan tetapi juga kerak. Untuk membersihkannya ternyata cukup sederhana saja yaitu dengan cara menggosoknya dengan menggunakan garam dan sedikit cuka atau bisa juga dengan campuran baking soda. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan bantuan sikat.

6. Garam sebagai pembersih alat-alat memasak
Sama halnya dengan cerobong yang ada didapur, peralatan dapur seperti wajan, panci atau ketel juga sering menjadi kotor akibat terkena minyak dan berbagai macam kotoran hasil residu saat memasak. Untuk membersihkan peralatan masak yang kotor Anda bisa menggunakan garam dan jeruk nipis. Gosokkan dengan spon kasar kemudian cuci kembali dengan menggunakan sabun pencuci piring lalu bilas dengan air bersih. Peralatan masak pun kembali bersih dalam sekejap.

7. Garam sebagai pembersih perangkat dapur yang terbuat dari kaca
Anda hobi minum teh atau kopi?. Nah, gelas bekas endapan minuman ini biasanya kerap meninggalkan noda kekuningan di bekas gelas kaca atau keramik yang digunakan. Untuk menghilangkannya ternyata bukanlah hal yang sulit, caranya adalah dengan menaburkan sedikit garam halus dan cuka kemudian gosok dengan spon. Bilas dengan air lalu cuci kembali dengan sabun cuci piring kemudian lihat hasilnya!. Selain untuk membersihkan gelas atau piring, garam juga bisa diaplikasikan ke berbagai benda-benda lain yang terbuat dari kaca seperti toples tempat kue, meja kaca hingga untuk membersihkan akuarium.

Semoga tips membersihkan noda dan kotoran dengan menggunakan garam ini bisa memberikan manfaat. Selamat bersih-bersih!

Manfaat garam untuk membersihkan berbagai barang keperluan sehari-hari
Manfaat dan khasiat garam sebagai pembersih

Manfaat dan khasiat garam sebagai pembersih kaca, logam dan pakaian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 comments:

Posting Komentar

About TabloidKuliner.com

Selamat datang di tabloidkuliner.com situs informasi berbagai aneka resep kue, resep masakan Indonesia dan resep masakan mancanegara. Untuk mencari resep makanan dan masakan yang inginkan, Anda bisa menggunakan kolom pencarian resep pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci jenis masakan atau makanan yang ingin Anda cari.

Tabloidkuliner.com menyediakan daftar resep masakan terlengkap, aneka resep kue kering dan basah, resep masakan terpopuler serta resep masakan dari berbagai bahan olahan yang terangkum dalam database aneka resep masakan dan makanan yang ada di tabloidkuliner.com.