Selasa, 10 September 2013

Tips dan cara membuat telur dadar yang sempurna (tidak hancur pada saat dibalik)

Telur memang hampir telah menjadi makanan sehari-hari karena selain dapat digunakan sebagai bahan aneka resep masakan yang lezat seperti telur balado dan semur telur, telur juga kerap disajikan dengan cara yang mudah yaitu hanya sekedar di dadar dengan sedikit minyak goreng saja. Sajian telur dadar inilah yang paling biasa disajikan di meja makan, terutama sebagai menu sarapan yang paling cepat. Meskipun telur telah menjadi makanan yang sangat umum, namun jangan dulu remehkan kandungan yang terdapat didalamnya sebab menurut riset dan penelitian, sebutir telur mengandung berbagai mineral, vitamin serta protein yang tinggi seperti kalsium, magnesium, zat besi, vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B12, biotin serta vitamin D. Sangat luar biasa bukan?.

Untuk membuat telur dadar memang kelihatannya cukup mudah, namun pada kenyataannya banyak orang yang masih merasa kesulitan pada saat membuatnya. Banyak faktor yang menyebabkan membuat telur dadar yang sempurna berubah menjadi kegagalan. Lalu bagaimana tips dan cara membuat telur dadar yang sempurna dan tidak hancur pada saat dibalik namun sekaligus lezat?. Berikut adalah bahan untuk membuat telur dadar lengkap beserta caranya.

Bahan:
1 butir telur
1/6 sendok teh garam
1/6 penyedap rasa

Bahan tambahan (opsional):
1/2 batang daun bawang, cuci bersih dan iris tipis-tipis
1 buah cabai merah, cuci bersih dan iris tipis-tipis
2 buah cabai rawit, cuci bersih dan iris tipis-tipis

Perlengkapan:
3 sendok teh minyak goreng
1 buah wajan anti lengket (teflon)
1 buah spatula

Cara membuat telur dadar:
  • Siapkan mangkuk kecil, pecahkan telur dan masukkan kedalam mangkuk kemudian tambahkan garam dan penyedap rasa.
  • Masukkan daun bawang, cabai merah dan cabai rawit kemudian kocok telur hingga mengeluarkan buih/busa. Hal ini dilakukan agar telur dadar menjadi lebih renyah saat matang.
  • Panaskan wajan dengan api sangat kecil lalu tuang minyak goreng. Biarkan sesaat hingga minyak goreng panas.
  • Masukkan telur kedalam wajan lalu biarkan telur menjadi setengah kering dan mengeras kemudian balikkan ke sisi satunya.
  • Untuk bisa membuat telur dadar yang sempurna, pastikan jangan terlalu sering membolak-balikkan telur. Cukup sekali atau 2 kali saja dan tetap menggunakan api yang kecil
  • Saat telur telah berwarna kuning kecoklatan, angkat telur dan sajikan
  • Telur dadar akan lebih nikmat apabila di sajikan dalam keadaan hangat bersama nasi goreng
Tips membuat telur dadar agar tidak hancur:
  • Pastikan mengocok telur hingga benar-benar teraduk dengan sempurna atau hingga mengeluarkan buih.
  • Jangan menggunakan wajan yang lengket
  • Hindari penggunaan minyak goreng yang terlalu banyak
  • Gunakan api kecil pada saat menggoreng
  • Saat ingin membalik telur dadar, pastikan spatula berada di tengah-tengah telur sehingga telur bisa terangkat dengan sempurna pada saat ingin dibalik
Tips dan cara membuat telur dadar yang sempurna (tidak hancur pada saat dibalik)

Tips dan cara membuat telur dadar yang sempurna (tidak hancur pada saat dibalik) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 comments:

Poskan Komentar

About TabloidKuliner.com

Selamat datang di tabloidkuliner.com situs informasi berbagai aneka resep kue, resep masakan Indonesia dan resep masakan mancanegara. Untuk mencari resep makanan dan masakan yang inginkan, Anda bisa menggunakan kolom pencarian resep pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci jenis masakan atau makanan yang ingin Anda cari.

Tabloidkuliner.com menyediakan daftar resep masakan terlengkap, aneka resep kue kering dan basah, resep masakan terpopuler serta resep masakan dari berbagai bahan olahan yang terangkum dalam database aneka resep masakan dan makanan yang ada di tabloidkuliner.com.