Rabu, 04 September 2013

Resep wedang ronde, bahan dan cara membuatnya

Wedang ronde merupakan salah satu minuman hangat berbahan jahe yang pada awal mulanya berasal dari negeri Cina. Di negaranya, minuman ini disebut dengan nama Tangyuan yang memiliki pengertian reuni keluarga secara metafora. Oleh sebab itu pula minuman ini kerap dihadirkan pada acara-acara kumpul keluarga ataupun dalam acara-acara yang resmi seperti pesta pernikahan.

Di Indonesia sendiri, minuman yang menyehatkan tersebut dikenal secara luas dengan nama wedang ronde terutama di masyarakat seputar Semarang, Jawa Tengah. Wedang dalam bahasa Jawa memiliki makna air jahe panas, sedangkan ronde adalah bahan minuman berbentuk bulat isian kacang tanah yang dicampurkan dalam minuman ini.

Minuman ini sangat pas untuk disajikan di malam hari saat cuaca dingin ataupun sehabis menyantap makan malam. Dengan bahan-bahan alami seperti jahe, tentu minuman ini memiliki banyak khasiat serta manfaat bagi kesehatan terutama untuk melancarkan peredaran darah dan mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh. Untuk membuat wedang ronde sangatlah sederhana, dan bagi Anda yang ingin mencoba untuk membuatnya, berikut adalah resep wedang ronde, bahan dan cara membuatnya yang Anda bisa persiapkan terlebih dahulu.

Bahan untuk ronde:
200 gram tepung ketan putih kualitas baik
1/3 sendok teh garam
150 mililiter air hangat

Bahan isi wedang ronde:
70 gram kacang tanah yang dikupas kulitnya kemudian disangrai
50 gram gula pasir
1/8 sendok teh garam

Bahan pelengkap isian (opsional):
250 gram kolang-kaling, cuci bersih kemudian rebus dan iris tipis-tipis
4 lembar roti tawar tanpa kulit, potong kotak-kotak
25 gram selasih

Air jahe:
2 liter air
500 gram gula pasir
2 sendok makan irisan gula merah
1 sendok teh garam
500 gram jahe yang dibakar dan memarkan
5 lembar daun pandan, cuci bersih
8 batang serai/sereh yang telah dicuci bersih, memarkan

Cara membuat isi ronde:
Siapkan blender kemudian hancurkan kacang tanah yang telah disangrai. Tambahkan gula pasir dan garam lalu aduk hingga rata. Bentuklah menjadi bulatan-bulatan sebesar kuku kemudian sisihkan.


Cara membuat ronde:
  • Siapkan wadah kemudian campurkan ketan dan garam lalu aduk hingga rata. Campurkan perlahan-lahan air hangat dan aduk terus hingga adonan terasa kenyal.
  • Ambil bahan ronde lalu pipihkan kemudian isi dengan isi ronde yang telah dibuat sebelumnya.
  • Siapkan panci lalu rebus air hingga mendidih. Saat air telah mendidih, masukkan ronde yang telah dibentuk kedalam air panas hingga matang dan mengambang. Angkat dengan saringan, tiriskan airnya dan sisihkan pada sebuah mangkuk.
Cara membuat wedang jahe:
  • Rebus air bersama dengan gula pasir, gula merah, jahe, daun pandan dan serai. Masak dengan menggunakan api kecil dan biarkan hingga air mendidih dan wangi.
Wedang Ronde pun siap dinikmati. Sajikan air jahe bersama dengan ronde serta pelengkapnya. Wedang ronde akan lebih enak jika diminum selagi hangat.

Resep wedang ronde, bahan dan cara membuatnya

Resep wedang ronde, bahan dan cara membuatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 comments:

Poskan Komentar

Informasi lainnya