Jumat, 13 September 2013

Resep kue serabi Bandung kuah gula merah yang lembut

Resep kue serabi (surabi) Bandung kuah gula merah yang lembut ini mungkin sepintas mengingatkan Anda dengan resep pancake dari luar negeri atau kue lupis yang merupakan produk lokal yang sama-sama disiram dengan gula cair saat penyajiannya. Namun karena terbuat dari tepung beras, kue yang berbentuk bulat simetris ini pun memiliki tekstur rasa yang lebih lembut dibandingkan dengan kue-kue basah lainnya.

Serabi atau Surabi merupakan salah satu resep kue yang asli berasal dari Indonesia. Namun seiring perkembangannya, kue ini pun kini telah memiliki variasi rasa dan juga tentunya, aroma. Di Indonesia, serabi dikenal secara luas di beberapa daerah di pulau Jawa, seperti serabi dari Cirebon yang memiliki rasa gurih karena tidak menggunakan gula pada adonannya. Lalu ada serabi dari kota Solo yang menggunakan beragam rasa buah-buahan seperti nangka dan pisang, bahkan serabi ini juga kerap menggunakan taburan butiran coklat meses atau keju. Yang terakhir, adalah serabi Bandung yang menggunakan kuah gula. Dikarenakan rasanya yang lembut, manis dan mengenyangkan, serabi Bandung biasanya kerap dijajakan disaat pagi hari untuk dikonsumsi sebagai sarapan.

Di luar daerah Bandung, serabi ini cukup sulit untuk ditemui dan hanya dapat ditemukan di tempat-tempat tertentu saja. Oleh karenanya, bagi Anda yang kangen dengan rasa serabi khas Bandung ini dan ingin mencoba untuk membuatnya sendiri, maka berikut ini adalah proses cara membuat serabi Bandung beserta bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan serabi Bandung:
350 gram tepung beras kualitas baik
1/2 butir kelapa muda yang diparut
400 mililiter santan cair
100 mililiter campuran air dan 2 lembar daun pandan (diblender dan diperas)
1/2 sendok teh garam
3 sendok makan margarin/mentega

Kuah serabi Bandung:
250 mililiter santan dari 1/4 butir kelapa tua
200 gram gula merah
1/3 sendok teh garam
2 lembar daun pandan, buat seperti ikatan simpul tali

Cara membuat serabi Bandung:
  • Siapkan wadah atau baskom yang agak besar untuk membuat adonan
  • Masukkan tepung beras, garam, kelapa muda yang diparut lalu dicampur bersama dengan santan dan air perasan daun pandan. Tuangkan secara perlahan-lahan
  • Aduk-aduk adonan hingga adonan terasa lembut dan tercampur dengan sempurna
  • Siapkan loyang untuk mencetak serabi, panaskan loyang dan oleskan margarin. Agar lebih mudah, gunakan kuas.
  • Tuangkan 4 hingga 5 sendok makan adonan serabi lalu tutup agar uapnya tidak keluar dan serabi lebih cepat matang. Gunakan api kecil saja supaya adonan tidak menjadi gosong.
  • Jika tekstur adonan telah berlubang-lubang (berpori), maka tandanya serabi sudah matang. Gunakan garpu untuk mengangkatnya.
  • Angkat dan pisahkan diatas piring.
Cara membuat kuah gula merah:
  • Siapkan panci lalu campur semua bahan-bahan kuah serabi dan masak dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk. Saat kuah telah mendidih, kemudian angkat dan saring dengan menggunakan saringan teh kedalam poci atau gelas.
  • Siramkan kuah diatas serabi dan hidangkan selagi hangat.
Resep kue serabi Bandung

Resep kue serabi Bandung kuah gula merah yang lembut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 comments:

Posting Komentar

About TabloidKuliner.com

Selamat datang di tabloidkuliner.com situs informasi berbagai aneka resep kue, resep masakan Indonesia dan resep masakan mancanegara. Untuk mencari resep makanan dan masakan yang inginkan, Anda bisa menggunakan kolom pencarian resep pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci jenis masakan atau makanan yang ingin Anda cari.

Tabloidkuliner.com menyediakan daftar resep masakan terlengkap, aneka resep kue kering dan basah, resep masakan terpopuler serta resep masakan dari berbagai bahan olahan yang terangkum dalam database aneka resep masakan dan makanan yang ada di tabloidkuliner.com.