Minggu, 04 Agustus 2013

Resep semur daging sapi khas Betawi

Semur daging merupakan salah satu resep masakan Indonesia yang merupakan akulturasi dari resep asal Belanda. Bahasa Belanda mengenal semur dengan nama "Smoor" yang memiliki arti masakan yang di masak dengan bawang dan tomat dand diproses dengan perlahan hingga matang. Semur kemudian menjadi sangat terkenal di berbagai daerah di Indonesia karena kekayaan cita rasanya. Beberapa daerah seperti Jakarta, Manado, Bali, Aceh, Samarinda, Maluku hingga beberapa wilayah di Jawa Barat memiliki semur dengan olahan serta cita rasa yang berbeda-beda sesuai dengan selera masing-masing daerah, meskipun demikian namun cita rasa semur tetap mengacu pada kepekatan kuah yang berasal dari kecap hitam yang memiliki tekstur rasa manis dan kental.

Semur yang umumnya selalu ada pada acara-acara tertentu seperti misalnya perayaan hari raya ataupun saat resepsi pernikahan adalah salah satu khazanah kekayaan resep nusantara yang harus tetap dilestarikan. Oleh karenanya pada kali ini situs resep masakan akan memberikan salah satu resep semur yang paling terkenal, yaitu resep semur daging Betawi yang kelezatan cita rasanya sudah tidak terbantahkan lagi. Sebelum mulai untuk mengolahnya, ada beberapa bahan-bahan serta bumbu yang perlu Anda sediakan terlebih dahulu. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Resep semur daging sapi khas Betawi
Resep semur daging sapi khas Betawi
Bahan-bahan utama:
500 gram daging sapi potong melintang berlawanan arah serat
1/2 kilogram kentang potong menjadi 4 bagian
4 sendok makan minyak goreng atau mentega yang dicairkan
6 butir bawang merah (1/2 ons)
750 ml kaldu daging
1 liter air

Bahan-bahan yang dihaluskan:
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri yang di goreng tanpa minyak (sangrai)
1/2 sendok teh ketumbar di sangrai
1/4 sendok teh jintan yang juga di sangrai
1 ruas jari jahe
1 sendok teh garam
1 sendok teh merica
Bumbu-bumbu lainnya :
3 lembar daun salam
4 butir cengkeh
1 ruas jari kayu manis
1/2 butir biji pala yang diparut halus
3 buah tomat yang di potong-potong
100 mililiter kecap manis
1 batang serai atau sereh
1 liter air
Bawang goreng untuk taburan secukupnya

Cara pembuatan:
  • Siapkan wajan dan panaskan minyak diatasnya. Setelah minyak panas kemudian masukan bawang merah yang telah di iris-iris dan tumis hingga wangi dan berubah warna.
  • Masukkan bumbu halus secara perlahan-lahan dan tambahkan parutan biji pala, kayu manis, cengkeh, serai dan daun salam hingga aroma tumisan bumbu terasa harum.
  • Masukkan potongan daging sapi dan kentang lalu aduk hingga warnanya terlihat berubah. Selanjutnya tambahkan potongan tomat kemudian aduk terus hingga tomat menjadi layu dan lunak.
  • Perlahan-lahan masukkan kecap manis dan siram dengan air.
  • Rebus hingga daging terasa empuk.
  • Setelah semur menjadi matang, kemudian sisihkan dan taburi dengan bawang goreng.
  • Sajikan selagi hangat untuk 4 atau 5 porsi.
Demikianlah sajian resep yang pada kali ini bisa Anda praktekkan saat dirumah. Guna melengkapi acara-acara spesial Anda bersama keluarga seperti Lebaran ataupun hari libur lainnya, jangan lewatkan juga salah satu resep andalan tabloid kuliner yang berjudul resep nastar nanas yang diterbitkan pada kesempatan sebelumnya.

Resep semur daging sapi khas Betawi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 comments:

Posting Komentar

About TabloidKuliner.com

Selamat datang di tabloidkuliner.com situs informasi berbagai aneka resep kue, resep masakan Indonesia dan resep masakan mancanegara. Untuk mencari resep makanan dan masakan yang inginkan, Anda bisa menggunakan kolom pencarian resep pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci jenis masakan atau makanan yang ingin Anda cari.

Tabloidkuliner.com menyediakan daftar resep masakan terlengkap, aneka resep kue kering dan basah, resep masakan terpopuler serta resep masakan dari berbagai bahan olahan yang terangkum dalam database aneka resep masakan dan makanan yang ada di tabloidkuliner.com.