Rabu, 28 Agustus 2013

Resep ayam taliwang Lombok NTB dan cara membuatnya

Resep ayam taliwang merupakan resep tradisional asli Indonesia yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Masakan yang berbahan utama ayam kampung ini memang memiliki cita rasa rempah yang khas, yaitu rasa manis, pedas sekaligus gurih yang dihasilkan dari santan kelapa pada saat memasaknya. Lantaran rasanya yang lezat, pada akhirnya ayam taliwang pun semakin mudah untuk ditemukan, hal ini disebabkan karena semakin banyaknya orang yang tertarik untuk memulai berbisnis kuliner dengan membangun usaha rumah makan ayam taliwang ataupun restoran-restoran tradisional yang memiliki menu andalan ayam taliwang ini.

Harga rata-rata ayam taliwang di rumah makan ataupun restoran 1/2 ekornya berkisar antara 25 ribu-35 ribu rupiah. Namun tentu saja, harga yang dipatok cukup tinggi ini bukanlah suatu persoalan bagi para penggemar ayam taliwang. Sisi nilai ekonomis yang cukup tinggi inilah yang kemudian memicu pertumbuhan bisnis usaha yang menyajikan menu khas dari Lombok ini di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya untuk dikonsumsi sendiri ataupun mungkin berniat untuk membuka usaha rumah makan yang menyajikan menu khusus ini, maka situs aneka resep masakan akan memberikan resep ayam taliwang Lombok dan cara membuatnya untuk Anda ikuti dan praktekkan. Berikut adalah beberapa bahan serta bumbu-bumbu yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu.

Resep ayam taliwang Lombok

Bahan-bahan utama:
1 ekor ayam kampung, cuci bersih, buang isinya dan dibelah dua tapi tidak sampai putus
400 mililiter santan kelapa (1/2 butir buah kelapa)
2 sendok makan gula merah halus yang telah di sisir
2 sendok makan perasan air jeruk limau
1 sendok teh garam halus
4 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
5 butir bawang putih
8 butir bawang merah
5 butir kemiri, cuci lalu sangrai
8 buah cabai merah keriting, cuci bersih kemudian bakar sebentar dengan api
3 buah cabai merah besar (cabai Lombok), cuci bersih dan kemudian bakar sebentar dengan api
1 1/2 sendok teh terasi yang telah disangrai kering

Cara pembuatan:
  • Cuci bersih ayam yang sudah dibelah lalu kucuri dengan perasan jeruk limau dan garam kemudian biarkan selama 30 menit agar wangi jeruk meresap
  • Siapkan panggangan lalu bakar dengan bara api hingga ayam menjadi setengah matang kemudian sisihkan pada sebuah wadah atau mangkuk
  • Panaskan minyak goreng dengan wajan lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga wangi dan berubah warna. Masukkan air santan, garam dan gula merah halus lalu diaduk hingga rata sampai mendidih.
  • Masukkan ayam dan masak dengan api ukuran kecil hingga matang dan kuah tersisa sedikit.
  • Setelah ayam matang, angkat dan sisihkan
  • Siapkan panggangan kemudian bakar ayam dengan cara di bolak-balik agar matang secara merata. Oleskan dengan sisa kuah yang tadi digunakan untuk merebus
  • Ayam taliwang sudah matang dan siap disajikan untuk 4 porsi
Pembuatan ataupun bahan-bahan ayam ini memang memiliki kemiripan dengan ayam bakar Wong Solo yang pernah di ulas pada kesempatan sebelumnya yang mungkin bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda dengan bahan olahan dari daging ayam.

Resep ayam taliwang Lombok NTB dan cara membuatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 comments:

Posting Komentar

About TabloidKuliner.com

Selamat datang di tabloidkuliner.com situs informasi berbagai aneka resep kue, resep masakan Indonesia dan resep masakan mancanegara. Untuk mencari resep makanan dan masakan yang inginkan, Anda bisa menggunakan kolom pencarian resep pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci jenis masakan atau makanan yang ingin Anda cari.

Tabloidkuliner.com menyediakan daftar resep masakan terlengkap, aneka resep kue kering dan basah, resep masakan terpopuler serta resep masakan dari berbagai bahan olahan yang terangkum dalam database aneka resep masakan dan makanan yang ada di tabloidkuliner.com.