Selasa, 14 Mei 2013

Cara membuat pizza Italia - resep pizza

Jika seandainya ada kontes makanan yang paling populer di seluruh dunia, mungkin pizza adalah salah satu kandidatnya. Meskipun pizza merupakan makanan khas dari negeri Italia, namun pada kenyataannya makanan ini begitu populernya di Indonesia. Bahkan, saking terkenalnya, makanan bernama pizza ini dapat dengan mudah ditemui hampir disetiap gerai-gerai makanan yang terdapat di pusat-pusat perbelanjaan maupun yang masih menggunakan pengolahan pizza secara tradisional yang banyak dijajakan di pinggir-pinggir jalan. Meskipun secara nominal harga sepotong pizza bisa dikatakan relatif cukup mahal, namun bagi penikmatnya, harga tersebut cukup sepadan dengan kelezatan yang didapat.
Cara membuat pizza Italia merupakan salah satu menu spesial yang akan dihadirkan oleh resep masakan online pada kesempatan kali ini sebagai salah satu referensi dari kegiatan belajar masak-memasak Anda dirumah.
Mengolah pizza memang tak semudah mengolah resep masakan lainnya dan memerlukan sedikit perlakuan khusus pada proses pembuatannya, meskipun demikian tentu tantangan tersebut justru yang akan semakin membuat resep pizza ini menjadi jauh lebih menarik. Khususnya bagi Anda yang ingin mencoba untuk membuat sendiri dirumah, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa preparasi atau penyiapan bahan-bahan serta alat-alatnya terlebih dahulu yang dirangkum oleh resep masakan online, diantaranya adalah sebagai berikut:
Resep pizza dan cara membuatnya

Bahan-bahan utama kulit pizza:
400 gram tepung terigu dengan kualitas baik
15 gram ragi kering
275 mililiter air hangat
1 sendok teh gula pasir
50 mililiter minyak zaitun atau olive oil
1 sendok teh garam
Plastik pembungkus adonan

Bahan-bahan saus pizza:
3 sendok teh minyak zaitun 4 butir bawang putih yang dipotong halus
4 sendok makan pasta tomat
4 buah tomat segar yang dibuang bijinya, potong dengan ukuran lebar-lebar
1/2 sendok teh lada bubuk
1/4 potong bawang bombay yang dicincang halus
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh oregano (sejenis daun mint) bubuk

Bahan-bahan bagian atas (topping) pizza:
75 gram keju parut
3 lembar daging sapi asap yang di iris
1 buah paprika yang di iris tipis
8 buah jamur yang di iris tipis
4 buah sosis daging sapi yang di iris tipis-tipis
1 buah tomat segar yang di iris
75 gram keju parut jenis mozarella
1/4 butir bawang bombay yang di iris tipis

Proses pembuatan kulit pizza:
- Siapkan mangkok kemudian masukkan gula, air hangat dan ragi kering. Diamkan selama kurang lebih 5 menit.
- Siapkan wadah untuk membuat adonan kemudian masukkan tepung dan garam menjadi satu. Aduk-aduk hingga merata dan masukkan larutan ragi hingga tepung berubah menjadi adonan.
- Campurkan minyak zaitun kemudian aduk kembali.
- Siapkan talenan atau meja dari keramik atau ubin bersih untuk membentuk adonan pizza. Remas-remas adonan pizza diatas keramik hingga tidak lengket dan menjadi elastis.
- Siapkan sebuah wadah atau baskom kemudian masukkan adonan tersebut kedalamnya dan tutup dengan plastik yang sudah disediakan. Diamkan selama 45 menit hingga 1 jam untuk proses fermentasi dan pengembangan adonan.
- Angkat dan kembali remas atau pukul-pukul adonan untuk mengeluarkan angin yang masih terperangkap di dalam adonan.
- Potong adonan menjadi 4 bagian dengan berat masing-masing adonan mencapai kurang lebih 150 gram.
- Siapkan loyang pizza, berikan olesan minyak dan ratakan adonan hingga menutupi permukaan loyang secara merata.

Cara membuat saus pizza:
- Siapkan kompor dan panaskan wajan. Tuang minyak zaitun dan tumis bawang putih dan bawang bombay secara bersamaan hingga berubah warna dan beraroma harum
- Masukkan sendok makan pasta tomat, buah tomat, gula pasir, lada bubuk dan oregano kemudian masak hingga saus matang dan kental. Angkat dan sisihkan di mangkuk.

Tahap akhir proses pembuatan pizza:
- Setelah kulit pizza di loyang sudah terlihat mengembang kemudian ambilah sebilah garpu dan tusukkan pada bagian atasnya.
- Lumuri bagian permukaannya dengan menggunakan saus tomat yang sudah dibuat.
- Siapkan bahan-bahan atasan (topping) yang sudah disiapkan dan taburkan secara merata diatas adonan.
- Siapkan oven atau microwave dan panggang selama kurang lebih 15 menit hingga pizza matang. Sebagai indikator kematangan pizza dapat dilihat dari keju mozarella yang ditaburkan diatasnya. Jika keju tersebut telah meleleh dengan sempurna, maka bisa dipastikan pizza telah matang.
- Setelah 15 menit, keluarkan pizza dari dalam oven dan sajikan diatas piring pipih.
- Potong sesuai selera, tambahkan saus cabai sesuai selera dan sajikan saat masih hangat.

Demikianlah resep pizza beserta dengan cara pembuatannya yang bisa Anda praktekkan sendiri saat memiliki waktu luang dirumah. Sebagai tambahan bagi Anda yang menyukai jenis kuliner nusantara, maka tentu resep bebek goreng khas Madura bisa menjadi pilihan menu yang juga bisa Anda coba.

Cara membuat pizza Italia - resep pizza Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 comments:

Poskan Komentar

About TabloidKuliner.com

Selamat datang di tabloidkuliner.com situs informasi berbagai aneka resep kue, resep masakan Indonesia dan resep masakan mancanegara. Untuk mencari resep makanan dan masakan yang inginkan, Anda bisa menggunakan kolom pencarian resep pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci jenis masakan atau makanan yang ingin Anda cari.

Tabloidkuliner.com menyediakan daftar resep masakan terlengkap, aneka resep kue kering dan basah, resep masakan terpopuler serta resep masakan dari berbagai bahan olahan yang terangkum dalam database aneka resep masakan dan makanan yang ada di tabloidkuliner.com.