Minggu, 06 Januari 2013

Cara memilih buah durian matang dan berkualitas baik

Cara memilih buah durian matang dan berkualitas baik. Bagi Anda penggemar buah durian, maka tips ini pasti akan sangat berguna bagi Anda sebab mulai kini Anda akan semakin mahir dan pintar dalam memilih mana buah durian yang berkualitas baik ataupun buah durian yang berkualitas kurang baik.
Buah durian merupakan buah tropis yang paling banyak digemari, karena selain memiliki aroma serta rasa manis yang khas, buah durian juga bisa dibuat berbagai resep masakan, diantaranya adalah kinca durian yang umumnya dimakan bersama dengan ketan ataupun berbagai kue-kue kering dan basah lainnya. Dalam memilih durian yang berkualitas memang diperlukan ketelitian bahkan keterampilan khusus. Namun meskipun begitu, Anda tak perlu menjadi seorang pakar durian untuk bisa menentukan tingkat kematangan serta kualitas dari buah durian yang ingin Anda beli.
Cara memilih buah durian matang dan berkualitas baik - www.tabloidkuliner.com
Buah durian
Untuk menambah pengetahuan serta referensi Anda mengenai cara memilih buah durian yang matang dan berkualitas baik, maka situs resep masakan Indonesia akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan pada saat memilih durian, berikut adalah beberapa diantaranya:
1. Sebelum membeli, pastikan Anda memperhatikan bagian juring-juring yang terdapat pada durian. Juring yang tidak berisi daging buah biasanya membuat buah durian menjadi melengkung dan tidak bulat sempurna karena bentuknya yang asimetris.
2. Lihat dan perhatikan secara teliti permukaan kulit buah durian, jika Anda menemukan bekas lubang ataupun bercak kehitaman pada kulit buah maka sebaiknya jangan Anda beli dan pilih buah durian yang lain karena kebusukan daging buah durian biasanya tidak terlalu jelas meskipun kulitnya terlihat hampir sempurna. 
3. Pilihlah bentuk buah yang terlihat bulat dibanding yang lonjong karena umumnya struktur buah yang bulat memiliki juring yang lebih luas sehingga daging buah didalamnya pun akan menjadi lebih lebar dan tebal.
4. Pilihlah buah durian yang tidak dibungkus oleh daun agar Anda bisa melihat dengan jelas jika ada cacat pada buah. Selain itu hindari juga membeli buah durian yang kulitnya sudah terbuka atau retak karena biasanya daging buah akan menjadi masam akibat durian tersebut sudah terkontaminasi oleh udara.
5. Pilihlah durian yang beraroma tajam dan menyengat. Meskipun umumnya durian yang telah matang berwarna kuning, namun ada juga varietas durian yang tetap berwarna hijau saat matang. Untuk mendeteksinya, dibutuhkan ketajaman dari indera penciuman Anda.
6. Memukul-mukul kulit luar durian juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendeteksi kematangan dari buah durian. Durian yang telah matang biasanya memiliki rongga pada bagian dalamnya sehingga pada saat Anda memukul-mukulnya dengan menggunakan gagang pisau atau dengan kuku maka akan dihasilkan suara yang khas seperti "dug, dug, dug" atau "bluk, bluk, bluk". Jika bunyinya sama sekali tidak mirip seperti itu atau bukan seperti suara yang dihasilkan dari benda yang berongga, maka bisa dipastikan durian tersebut masih mentah.
7. Setelah beberapa metode diatas telah Anda lakukan namun Anda masih juga ragu, cara selanjutnya adalah dengan melihat tangkai buahnya. Jika tangkainya rata, maka kemungkinan buah durian tersebut dipetik sebelum waktunya atau dipetik pada saat masih mentah (setengah matang) dan dibiarkan hingga 3-5 hari untuk bisa menjadi matang. Namun jika tangkainya memiliki struktur yang tidak rata dan terlihat mengering, maka besar kemungkinan jika durian tersebut merupakan durian jatuhan yang matang saat berada di pohon dan terlepas secara alami. Buah durian yang matang dengan cara ini tentunya memiliki rasa yang jauh lebih enak dan lebih segar daripada yang dipetik pada saat masih setengah matang.
8. Selain mengamati rata atau tidaknya tangkai durian, tehnik lain untuk memilih durian yang berkualitas juga bisa Anda lakukan dengan memperhatikan panjang pendek serta ketebalan tangkainya. Pilihlah tangkai yang pendek dan tebal karena biasanya memiliki daging buah yang lebih besar dan tebal. Metode ini merupakan hal ilmiah dan logis karena tangkai yang tebal dan berukuran pendek akan menyebabkan asupan makanan yang berupa mineral serta garam-garaman bagi durian saat masih berada di pohon akan menjadi lebih banyak dan lebih intens ketimbang yang bertangkai panjang dan kecil.
9. Jika Anda menemukan 2 buah durian dengan ukuran yang kurang lebih hampir sama, maka untuk menentukan kandungan isi durian yang lebih banyak caranya adalah dengan mengangkat keduanya. Durian yang terasa lebih enteng biasanya memiliki kandungan daging buah yang tebal namun berbiji kecil.
10. Pilihlah buah durian dengan struktur duri lebih besar karena umumnya durian yang berduri besar dan jarang memiliki daging yang lebih tebal dan lebih kering. Sebaliknya, buah durian yang berduri halus, kecil dan rapat biasanya memiliki tekstur daging buah yang lebih basah dan lembek.
11. Hindari membeli durian dengan ukuran yang besarnya melebih 4-5 kilogram karena ukuran durian yang terlalu besar bisa mengakibatkan matangnya daging buah yang tidak merata. Durian yang baik adalah durian yang berukuran rata-rata 1,5 hingga 3,5 kilogram perbutirnya.
12. Jika Anda telah berhasil menemukan sebuah durian yang sempurna, maka usahakan untuk memilih yang serupa. Untuk melakukannya Anda bisa memperhatikan bentuk duri, tangkai, kulit ataupun dari bentuk buah yang kurang lebih menyerupai atau hampir sama dengan durian berkualitas sempurna yang telah Anda temukan sebelumnya.
Demikianlah beberapa tips memilih durian yang matang yang bisa Anda praktekkan sendiri saat membeli. Selain tips ini, tabloid resep masakan juga pernah menerbitkan artikel seputar resep rendang daging sapi khas Padang yang juga patut untuk Anda coba. Semoga berhasil.

Cara memilih buah durian matang dan berkualitas baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 comments:

Poskan Komentar

About TabloidKuliner.com

Selamat datang di tabloidkuliner.com situs informasi berbagai aneka resep kue, resep masakan Indonesia dan resep masakan mancanegara. Untuk mencari resep makanan dan masakan yang inginkan, Anda bisa menggunakan kolom pencarian resep pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci jenis masakan atau makanan yang ingin Anda cari.

Tabloidkuliner.com menyediakan daftar resep masakan terlengkap, aneka resep kue kering dan basah, resep masakan terpopuler serta resep masakan dari berbagai bahan olahan yang terangkum dalam database aneka resep masakan dan makanan yang ada di tabloidkuliner.com.